Saturday, January 7, 2017

Perkenalkan Self Balancing, Motor Honda Dipastikan Anti Jatuh



LAS VEGAS - Honda meluncurkan teknologi motor self-balancing yang bisa berdiri tegak tetap seimbang walau tanpa standar. Sepeda Motor Self Balancing buatan Honda dengan konsep yang disebut Honda Riding Assist akan membuat motor anti jatuh.


Teknologi self-leveling sebagai diperkenalkan saat pameran elektronik CES 2017 yang berlangsung di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat. Motor Honda dengan Riding Assist ini tidak menggunakan sensor giroskop seperti motor Self balancing pada umumnya, ada sistem khusus Honda dengan mengunakan kemudi baik maju mundur maupun kanan kiri seperti manusia menyeimbangkan motor.

Meskipun konsep diterapkan pada tipe Honda NC, tetapi teknologi ini bisa diterapkan pada semua model.

“Teknologi ini sebagai rider assistance, untuk membantu keseimbangan mereka saat berkendara pelan, dan membuat sepeda motor tetap tegak. Kami tengah mengembangkan teknologi ini pada model yang lebih besar seperti Gold Wing," tutur, Tony Defranze, PR Honda Amerika Serikat seperti dilansir Autopro, Jumat, (6/1/2016).

Riding Assist yang akan membuat sepeda motor tetap tegak saat bergerak pelan itu tidak menggunakan giroskop seperti pada GyroCycle. Tetapi Honda menerapkan teknologi robotik.

Sistem robotik pada Uni-Cub itu serupa dengan teknologi pada robot Penguin pada self-balancing personal mobility device. Untuk membuat sepeda motor tetap balance sebuah motor kecil yang selalu menyesuaikan kemudi.

Dengan mekanisme tertentu yang diletakkan di bawah lampu utama, sistem akan mengubah sudut rake. Sehingga trail pada roda depan menjadi negatif sehingga saat bergerak perlahan sepeda motor akan tetap balance dan tegak.

Berikut Videonya.,,

No comments:

Post a Comment

mohon kritik dan sarannya, terimaksih