Tuesday, January 3, 2017

Detail Spesifikasi Toyota Transmover di Indonesia

Salam Autobots, kali in saya akan coba memaparkan mengenai sebuah mobil MPV garapan Toyota, yaitu Toyota Avanza Transmover , atau resminya dinamai Toyota Transmover. baik langsung aja simak ulasan saya berikut ini.



Belum lama ini, Toyota Astra Motor (TAM) kembali diberitakan tengah mengembangkan mobil terbaru untuk meramaikan pasar otomotif Indonesia, yaitu Toyota Transmover. 


Transport you to move to other place’. Adalah kepanjangan dari arti kata Transmover yang memiliki arti mengangkut Anda untuk berpindah ke lain maktempat. Meski nafasnya secara harfiah sudah diplot untuk keperluan bisnis taksi, Transmover tidak mengurangi sama sekali spesifikasi teknisnya.




mobil ini resmi dijual untuk membidik segmen niaga dan taksi dibanderol dengan range Rp 143 sampai 150 jutaan. Karena banderolnya jadi yang termurah di keluarga Avanza maka fitur-fiturnya pun kena pangkas.




Namun mobil ini tetap mengusung mesin Dual VVT-i berkapasitas 1.329 cc 4 silinder. Sama persis dengan yang dimilki oleh Toyota Avanza 1.3. Pun dengan keluaran tenaga 96 dk pada 6.000 rpm dan torsi 121 Nm pada 4.200 rpm. Namun opsi penyaluran tenaga hanya ke transmisi manual 5 percepatan.




Dengan komposisi sama dengan Avanza, harusnya rasa berkendara Transmover juga tidak akan berbeda jauh. Pasalnya mobil ini ibarat hanya melucuti beberapa kelengkapan eksterior Avanza. Anda memang tidak bisa menampik gejala limbung, tapi ayunan gerakan bodi mobil saat bermanuver terasa lebih teratur seperti yang kami rasakan di Avanza.


Anda tentu tidak perlu ragu dengan konsumsi BBM Transmover yang nampaknya juga akan irit. Modal penting untuk bisnis taksi tentunya.


Seperti sudah kami singgung, Transmover khusus pasar fleet ini memiliki perbedaan khusus di eksterior. Kami membandingkannya dengan tipe terendah Toyota Avanza 1.3 E MT.

Wajah mobil ini terlihat lebih sederhana. Ornamen krom absen di gril radiator dan diganti meterial berwarna hitam. Begitu juga dengan spion berbahan plastik warna hitam dengan pengaturan manual dan tidak ada elektrik.

Pada kaki kaki, transmover menggunakan velg model kaleng mirip sedan Limo yang duluan jadi armada taksi, gril dilabur dengan warna material.




Langkah ini ada maksudnya, agar jika terjadi tabrakan, maka biaya perbaikan akan lebih murah dengan warna ini dibanding warna krom. Insiden tentu hal yang sangat umum terjadi di armada taksi yang beroperasi pada lalu lintas yang sangat padat.

Sementara di buritan, tidak ada emblem Avanza sama sekali dan diganti dengan stiker Transmover. Di area kaki-kaki, mobil ini juga tidak mengadopsi mud guard. Artinya kolong ban berpotensi cepat kotor ketika melewati jalanan basah atau berdebu. Namun untungnya pelek kaleng berbalut ban berukuran 185/70 R14 sama dengan milik Avanza tipe E.



Masuk ke dalam, kami tidak mendapati perubahan kabin yang terlalu fundamental. Layout dasbor Transmover tetap sama seperti pada Avanza. Namun ia menghilangkan head unit audio sebagai kelengkapan standar. Sehingga perlu membelinya terpisah baik di dealer Toyota atau produk aftermarket.

Satu lagi yang mengurangi kesan elegan ialah material kursi berbahan fabric dan vinyl. Sementara kepraktisan pada jok baris pertama berkurang karena tidak ada kantung yang umum ditemukan pada seluruh varian Toyota Avanza standar. Selebihnya doortrim material plastik warna hitam kian membuat kabin terlihat lebih sederhana.

Baca Juga :  Tiga Modal KTM Bersaing dengan Merek Motor Jepang di Indonesia

Sederet penyesuaian di atas kenyataannya mampu menekan harga jual Toyota Transmover. Namun dengan teknologi mesin sama dengan Avanza, bukan persoalan bagi Transmover untuk tampil sefenomenal koleganya tersebut. Bahkan bukan tidak mungkin menembus segmen lain di luar armada taksi. So..., ini dia calon mobil laris incaran pebisnis.





Segitu saja ulasan dari saya, semoga bermanfaat, dan apabila anda menyukai artikel ini, jangan sungkan buat share ya., terimakasih, salam AUTOBOTS.

No comments:

Post a Comment

mohon kritik dan sarannya, terimaksih